contoh soal pkn kelas 10 semester 2
1. Ancaman terhadap integritas nasional
merupakan sesuatu yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan
negara Indonesia. Yang dimaksud dengan ancaman disini adalah ....
A.
Hal atau usaha untuk menggugah kemampuan
B.
Hal yang berasal dari luar yang bersifat atau bertujuan
melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
C.
Usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang
dilakukan secara konsepsional melalui tindakan kriminal dan politis
D.
Usaha yang berasal dari
diri sendiri yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
E.
Usaha yang bersifat memberikan kebijaksanaan kepada
pemerintah secara konsepsional
2. Pada hakikatnya bangsa Indonesia menolak
keberadaan PKI, teroris, berita hoax yang berkaitan dengan SARA karena
berdampak pada ....
A.
Integrasi nasional
B.
Disintegrasi bangsa
C.
Ancaman bangsa
D.
Hambatan bangsa
E.
Tantangan bangsa
3. Sebagai warganegara yang baik sudah
sepantasnya bila kita ikut serta dalam bela negara dengan mewaspadai serta
mengatasi berbagai macam ancaman, tantangan terhadap negara kesatuan Republik
Indonesia.
Berdasarkan pernyataan di atas, tindakan yang harus
dilakukan dalam membela negara Indonesia yaitu ....
A.
Bersikap chauvinisme
B.
Bergaya hidup hedonisme
C.
Menggunakan produk luar negeri
D.
Belajar dengan
tekun pelajaran PPKn
E.
Menjalin persahabatan hanya dengan teman seagama
4. Salah satu cara untuk meningkatkan
integrasi nasional adalah ....
A.
Menghapus bahasa daerah
B.
Menghilangkan budaya lokal
C.
Memisahkan penduduk yang miskin
D.
Menyamaratakan
perbedaan suku bangsa
E.
Membangun kelembagaan (pranata) di masyarakat
5. Yang bukan merupakan faktor pendukung
integrasi nasional adalah ....
A.
Adanya rasa senasib sepenanggungan
B.
Adanya semangat persatuan dan kesatuan
C.
Adanya kepribadian dan pandangan hidup yang sama
D.
Adanya jiwa dan semangat gotong royong, toleransi yang kuat
E.
Adanya ketidak puasan
terhadap ketimpangan pemerataan hasil pembangunan
6. Masyarakat Indonesia bersifat majemuk
terdiri berbagai suku bangsa, adat istiadat, agama dan kebudayaan. Dalam
perbedaan tersebut proses hubungan kerja dan terbentuk kesatuan yang harmonis.
Berdasarkan itu dapat diketahui
adanya proses menuju ....
A.
Integrasi
B.
Persaingan
C.
Kristalisasi
D.
Kerjasama
E.
Disintegrasi
7. Yang dimaksud dengan Bhinneka Tunggal Ika
dalam kitab Sutasoma adalah ....
A.
Alat pemersatu bangsa
B.
Persatuan dalam keberagaman
C.
Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu
D.
Perbedaan etnis, religi maupun ideology dalam satu
wadah negara Indonesia
E.
Ditekankan pada perbedaan
dalam hal kepercayaan dan keanekaragaman agama
8. Berikut ini adalah contoh sikap yang
mencerminkan komitmen persatuan dalam kehidupan di sekolah yaitu ....
A.
Mengadakan bakti sosial
B.
Tidak membedakan SARA
C.
Ikut serta dalam kegiatan kerjabakti
D.
Meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika
E.
Tidak membedakan teman
dalam bergaul di kelas
9. Semua negara pasti memiliki berbagai bentuk
ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan dalam mewujudkan / mempertahankan
integrasi nasional. Keberagaman Indonesia dari suku, agama, ras, dan budaya
merupakan keberagaman yang bisa menjadi potensi konflik yang menimbulkan
disintegrasi nasional.
Berdasarkan
pernyataan di atas, bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi
nasional di Indonesia adalah ....
A.
toleransi
B.
Integrasi
C.
Persaingan
D.
Konflik SARA
E.
Kesenjangan social
10. Yang dimaksud dengan wawasan nusantara
adalah ....
A.
Cara melihat dan mengurus diri sendiri
B.
Cara membangun bangsa sendiri dan bangsa lain
C.
Cara memandang dan membenahi bangsa sendiri
D.
Cara memerdekakan bangsa lain yang belum merdeka
E.
Cara pandang dan sikap
bangsa Indonesia mengenai diri sendiri dan lingkungannya
11.
Asas
yang tercermin dalam tata pergaulan dengan tidak merugikan para pihak dan tidak
mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan golongan / umum ....
A.
Asas keadilan
B.
Asas kesetiaan
C.
Asas kerjasama
D.
Asas solidaritas
E.
Asas kepentingan
bersama
12. Ancaman terhadap integrasi nasional
merupakan sesuatu yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan
negara Indonesia, salah satunya adalah
intervensi yaitu ....
A.
Suatu upaya untuk menguasai wilayah negara lain
B.
Campur tangan terhadap
urusan dalam negeri negara lain
C.
Suatu tindakan yang bertujuan untuk mengubah atau mengganti
falsafah Negara
D.
Suatu usaha yang dilakukan sekelompok orang untuk memisahkan
diri dari negara asal
E.
Penyusupan perorangan/sekelompok orang melalui celah
celah atau kelemahan wilayah lawan
13. Gerakan separatis merupakan salah satu ancaman terhadap integrasi nasional,
karena gerakan tersebut merupakan gerakan sekelompok orang yang ingin
memisahkan diri dari negara asalnya dan membentuk negara merdeka.
Salah satu
contoh gerakan separatis yang pernah terjadi di Indonesia adalah ....
A.
Kasus Semanggi
B.
Peristiwa Tri Sakti
C.
Peristiwa bom Bali
D.
Gerakan G 30 S /PKI
E.
Gerakan Aceh
Merdeka
14. Negara Indonesia pernah mengalami ancaman
terhadap integrasi nasional yaitu pada tahun 1965 yang dikenal dengan istilah G
30 S/PKI yang mana pada peristiwa tersebut negara kita kehilangan beberapa
Jenderal yang dibunuh secara keji oleh PKI.Peristiwa tersebut merupakan salah
satu ancaman dibidang ideologi karena ....
A. PKI ingin menguasasi kekayaan alam
Indonesia
B. PKI ingin menjajah negara
Indonesia seperti halnya negara Belanda
C.
PKI ingin menggantikan ideologi
Pancasila dengan ideologi komunis
D. PKI ingin merubah sistem
pemerintahan negara Indonesia secara keseluruhan
E.
PKI ingin meletakkan orang-orang nya di kursi pemerintahan negara Indonesia
15. Indonesia merupakan negara multi etnis,
yang mana keberagaman suku merupakan kekayaan khasanah bangsa Indonesia.Untuk
menciptakan rasa persatuan diantara suku-suku yang ada di Indonesia tidaklah
mudah. Salah satunya kita harus membuang jauh-jauh paham sukuisme yaitu ....
A.
Paham yang mementingkan
suku bangsa sendiri
B.
Paham yang tidak mau menerima perbedaan suku
C.
Paham yang menganggap semua suku di Indonesia adalah sama
D.
Paham yang tidak mengakui adanya toleransi antar suku bangsa
E.
Paham yang tidak menghendaki adanya suku lain di negara
Indonesia
16. Kondisi ekonomi sangat menentukan dalam
pertahanan negara.Maka dari itu hendaknya kita senantiasa waspada terhadap
ancaman dibidang ekonomi. Salah satunya adalah ancaman ekternal yaitu masuknya
nilai-nilai Barat dalam sistem ekonomi negara kita yang tentunya belum tentu
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Salah satu perbedaan yang prinsip antara
sistem ekonomi Barat dengan sistem ekonomi negara Indonesia yang bertentangan
dengan nilai-nilai Pancasila adalah ....
A.
Sistem ekonomi Barat dimonopoli pihak swasta, sedangkan
sistem ekonomi negara Indonesia dikuasai oleh pemerintah
B.
Sistem ekonomi Barat tidak mengenak Koperasi, sedangkan
sistem ekonomi negara Indonesia menekankan pada koperasi
C.
Sistem ekonomi Barat mengakui keberadaan kaum kapitalis,
sedangkan sistem ekonomi negara Indonesia hanya mengenal sistem Bapak Angkat.
D.
Sistem ekonomi Barat lebih mengutamakan kebebasan individu,
sedangkan sistem ekonomi negara Indonesia lebih mengutamakan kebebasan
masyarakat
E.
Sistem ekonomi Barat
adalah peran negara kecil sehingga terjadi monopolisme, sedangkan di negara
Indonesia sistem ekonominya peran negara ada untuk tidak terjadi monopoli
17. Penyebaran nilai-nilai politik Barat, baik
secara langsung maupun tidak langsung dalam bentuk unjuk rasa, demonstrasi yang
semakin berani dan terkadang mengabaikan kepentingan umum, merupakan salah satu
ancaman terhadap integrasi bangsa berdimensi politik, karena ....
A.
Membuat kebebasan berpolitik di negara kita menjadi
kebablasan
B.
Masyarakat akan lebih berani menentang kebijakan pemerintah
C.
Dapat menghilangkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat
Indonesia
D.
Dapat memudarkan semangat kekeluargaan, musyawarah dan
mufakat di kalangan elit politik
E.
Nilai-nilai politik Barat
hanya akan membuat masyarakat Indonesia menuntut kebebasan individu
18. Ancaman dari luar berupa fenetrasi
nilai-nilai budaya luar sulit dibendung.Kemajuan teknologi informatika mengaki
batkan dunia menjadi desa global tempat interaksi antar masyarakat dunia.Yang
terjadi tidak hanya transfer informasi, tetapi juga transformasi dan sublimasi
nilai-nilai luar secara serta merta sulit dikontrol.
Berikut ini yang merupakan
salah satu bentuk ancaman dibidang sosial budaya adalah ....
A.
Semakin maraknya penyeludupan narkoba, imigran gelap masuk ke
Indonesia.
B.
Semakin mudahnya kita mendapatkan informasi dibidang apa saja
dengan kecanggihan teknologi informatika.
C.
Semakin terpuruknya pendapatan pengusaha kecil di Indonesia,
karena tidak mampu bersaing harga dengan produk luar.
D.
Semakin maraknya perdebatan antar elit-elit politik yang
berdampak pada menipisnya kepercayaan masyarakat kepada elit politik
E.
Semakin memudarnya
apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup
individualistis,konsumerisme, dan permisif.
19. Berikut yang bukan merupakan alat pemersatu
bangsa Indonesia adalah ….
A.
Adat istiadat
B. Lambang negara
C. Bendera nasional
D. Bahasa Indonesia
E.
Lagu kebangsaan
20. Gerakan separatis merupakan salah
satu tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI. Yang dimaksud Gerakan separatis
adalah ....
A. Gerakan untuk menggagalkan suatu
acara
B. Gerakan untuk melawan kebijakan
pemerintah
C. Gerakan untuk memecah belah antar
etnis/suku bangsa
D. Gerakan untuk merebut wilayah
negara lain untuk di kuasai
E.
Gerakan untuk mendirikan suatu
negara baru/melepaskan diri dari negara asal
21. Salah satu tantangan bangsa
Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI yang berasal dari luar negara adalah ….
A. korupsi
B.
spionase
C. Konflik SARA
D. Gerakan separatis
E.
Pelanggaran hukum
22. Berikut yang bukan merupakan
faktor pembentuk integrasi nasional adalah ....
A. Penggunaan bahasa Indonesia
B.
Wilayah Indonesia yang terdiri
dari ribuan pulau
C. Adanya rasa cinta tanah air dan
mencintai produk dalam negeri
D. Adanya rasa senasib dan
seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah
E.
Adanya semangat persatuan dan kesatuan dalam bangsa, bahasa, dan tanah air
Indonesia
23. Ancaman terhadap integrasi
nasional yang berupa ancaman militer adalah ....
A. korupsi
B. narkoba
C.
terorisme
D. kebodohan
E.
kemiskinan
24. Sikap perilaku yang dapat
menyebabkan disintegrasi nasional dilingkungan sekolah adalah ....
A. Bermusuhan dengan saudara kandung
B. Tidak mau mengikut kegiatan
gotongroyong di masyarakat
C. Sering melakukan pelanggaran
terhadap tata tertib lalu lintas
D.
Tidak menghargai pendapat teman
pada saat diskusi kelompok
E. Tidak mau menghargai aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat
25. Alasan yang mendasar pentingnya
usaha pembelaan negara terhadap bangsa Indonesia ditinjau dari segi historis
adalah ....
A. Jumlah penduduk Indonesia yang
besar
B. Posisi/letak Indonesia yang
sangat strategis
C. Sumber daya alam Indonesia yang
melimpah
D. Persebaran penduduk Indonesia
yang tidak merata
E.
Indonesia pernah dijajah bangsa
lain selama kurang lebih tiga setengah abad
26. Berikut yang bukan merupakan
manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah ....
A. Memperkuat jati diri NKRI
B. Memudahkan mencapai tujuan
nasional
C.
Menciptakan negara yang kuat
untuk melawan negara lain
D. Menciptakan suasana yang
tenteram,aman,dan damai dalam NKRI
E.
Memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi ancaman/gangguan dari luar
27. Trigatra merupakan aspek alamiah
yang telah melekat pada suatu negara, unsur-unsurnya akan berbeda-beda pada
setiap negara.Adapun aspek –aspek yang tercakup dalam trigatra meliputi ....
A. Aspek keamanan, ekonomi, dan
sosial budaya
B.
Aspek geografi, kekayaan alam, dan keamanan
C.
Aspek kekayaan alam, keamanan, dan kependudukan
D. Aspek geografi, kekayaan alam, dan kependudukan
E.
Aspek kekayaan alam, kependudukan, dan sosial budaya
28. Pemahaman wawasan nusantara
cenderung mengarah pada ....
A. Ekspansi wilayah
B.
Mempertahankan wilayah
C. Memperluas daerah jajahan
D. Mencaplok wilayah negara lain
E.
Melepaskan wilayah yang tidak menguntungkan
29. Semangat kebangsaan disebut juga
sebagai nasionalisme dan patriotisme. Artinya pemahaman yang menganggap bahwa
kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkan kepada negara
kebangsaan atau nation state. Semangat kebangsaan tersebut dapat diterapkan
dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Adapun
contoh penerapan semangat kebangsaan di lingkungan sekolah adalah ....
A. Mencintai tanah air dan bangsa
B. Berani membela kebenaran dan
keadilan
C. Menghormati orangtua dan
menjaganya
D. Mengikuti kegiatan siskamling di
desanya
E.
Mematuhi peraturan dan tatatertib
sekolah
30. Dalam wawasan nusantara
dijelaskan bahwa wilayah Indonesia merupakan satu kesatuan dalam bidang
pertahanan keamanan. Hal ini mengandung arti ancaman terhadap ....
A. Pulau besar tidak memengaruhi
pulau kecil lainnya
B.
Suatu wilayah negara harus dapat diatasi oleh aparat wilayah tertentu
C.
Sebagian wilayah negara merupakan ancaman terhadap wilayah tersebut
D. Suatu wilayah negara merupakan ancvaman terhadap seluruh tanah air
E.
Sebagian wilayah negara harus dapat diatasi secepatnya oleh pemerintah
pusat
31. Contoh peranan siswa dalam
mendukung implementasi wawasan nusantara dibidang ideologi adalah sebagai
berikut ....
A. Kemanusiaan yang adil dan beradab
B.
Menumbuhkan sikap bela negara pada setiap WNI
C.
Menerima, mengakui, dan menghormati setiap perbedaan
D. Melaksanakan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari
E.
Pengelolaan sumber daya alam yang memperhatikan kebuituhan masyarakat
32. Faktor di bawah ini yang
merupakan faktor pendukung tercapainya integrasi nasional adalah ...
a. Adanya tekad serta keinginan
untik bersatu di kalangan bangsa indonesia
b. Adanya rasa senasib dan
seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah
c. Adanya semangat persatuan dan
kkesatuan bangsa, bahasa, dan tanah air indonesia
d. Adanya ancaman dari luar yang
menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa indonesia
e. Adanya ideologi nasional yang
tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhineka
Tunggal Ika.
33. Pada dasarnya konsep integrasi
nasional secara politis mengandung arti ....
a. Proses menyelaraskan
unsur-unsur negara sehingga mencapai satu kesatuan
b. Proses penyatuan berbagai
budaya daerah menuju kesatuan kebudayaan nasional
c. Proses menyerasikan unsur-unsur
sosial politik dalam kesatuan wilayah nasional
d. Penyatuan berbagai kelompok
budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu
identitas nasional
e. Proses penyesuaian di antara
unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga
mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan
34. Di bawah ini yang bukan
merupakan faktor pendorong tercapainya integrasi nasional adalah......
a. Adanya tekad serta keinginan
untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia
b. Adanya rasa senasib dan
seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah
c. Adanya jiwa dan semangat gotong
royong, solidaritas dan toleransi keagamaan yang kuat
d. Adanya ancaman dari luar yang
menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia
e. Adanya ideologi nasional yang
tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka
Tunggal Ika
35. Di bawah ini yang merupakan
faktor pendukung tercapainya integrasi nasional adalah......
a. Adanya tekad serta keinginan
untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia
b. Adanya rasa senasib dan
seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah
c. Adanya semangat persatuan dan
kesatuan bangsa, bahasa dan tanah air Indonesia
d. Adanya ancaman dari luar yang
menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia
e. Adanya ideologi nasional yang
tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka
Tunggal ika
36. Keberagaman harus membentuk
masyarakat Indonesia yang memiliki toleransi dan sikap saling menghargai. Oleh
karena itu diperlukan adanya.....
a.
Komitmen persatuan bangsa dalam keberagaman
b.
Komitmen untuk membangun daerahnya masing-masing
c.
Komitmen untuk mensejahterakan rakyat di daerah tertinggal
d.
Komitmen untuk memajukan daerahnya dalam bingkai persatuan
e.
Komitmen persatuan antara sesama umat seagama dan semangat ukhuwah/SMK/MAK
37. Persatuan dalam keberagaman
harus dipahami oleh setiap warga masyarakat agar dapat mewujudkan hal-hal
berikut ini, kecuali....
a.
Pembangunan berjalan lancar
b.
Pergaulan antarsesama yang lebih akrab
c.
Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang
d.
Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
e.
Terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku dan bahasa
38. Persatuan dan kesatuan bangsa
sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena....
a.
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang toleransi
b.
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam
c.
Bangsa Indonesia memiliki semboyan bhinneka tunggal ika
d.
Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa
barat selama 350 tahun
e.
Dengan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang majemuk akan
menjadi kokoh dan kuat
39. Momentum yang merupakan
konsensus nasional yang merupakan konsep integrasi bangsa Indonesia menjadi
suatu bangsa yang resmi dan berdaulat adalah…
a.
Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.
b.
Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
c.
Penetapan Pancasila pada tanggal 17 Agustus 1945
d.
Penetapan UUD NRI Tahun 1945 pada tanggal 17 Agustus 1945
e.
Dimasukannya Burung Garuda sebagai Lambang Negara Republik
Indonesia
40. Pada dasarnya integrasi
nasional ini sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek
kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Integrasi juga
meliputi aspek vertikal dan horisontal. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …
a.
John Locke
b.
Myron Weiner
c.
Howard Wriggins
d.
Nazaruddin Sjamsuddin
e.
J. Soedjati Djiwandono
41. Di bawah ini adalah merupakan
salah satu syarat keberhasilan suatu integrasi pada suatu negara, kecuali …
a.
Nilai-nilai sosial dijadikan aturan baku dalam melangsungkan
proses integrasi sosial.
b.
Norma-norma dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi
sosial.
c.
Adanya konsensus nasional dalam rangka kepemimpinan nasional yang
otoritarian
d.
Anggota-anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling
mengisi kebutuhan-kebutuhan satu dengan lainnya.
e.
Terciptanya kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma-norma
dan nilainilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman.
42. Di bawah ini merupakan
pernyataan yang menunjukan hubungan antara integrasi nasional dan pelanggaran hak dan kewajiban …
a.
Pelanggaran haknya orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi,
sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan haknya
b.
Pelanggaran hak orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi,
sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan haknya
c.
Pelanggaran hak orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi,
sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan
kewajibannya.
d.
Pelanggaran kewajiban orang akan menyebabkan terjadinya
disintegrasi, sehingga orang yang kewajibannya dilanggar kemungkinan tidak akan
menjalankan haknya
e.
Pelanggaran kewajiban orang akan menyebabkan terjadinya
disintegrasi, sehingga orang yang kwajibannya dilanggar kemungkinan tidak akan
menjalankan kewajibannya
43. Upaya yang dapat dilakukan
untuk mencapai integrasi nasional dapat dilakukan dengan cara …
a.
menjaga keselarasan antarbudaya
b.
menjaga keselarasan antar kelompok masyarakat tertentu
c.
menjaga keserasian antara masyarakat dan pemerintah yang bekuasa
d.
menjaga keserasian antar internal budaya dalam kelompok masyarakat
tertentu
e.
menjaga keserasian dan keselarasan antar penganut agama dalam
kelompok masyarakat
44. Selain ancaman dalam bidang
militer, sebagai bangsa yang majemuk kita harus mewaspadai adanya ancaman di
bidang ekonomi dalam arti negara beserta aparatur negara bersifat dominan dan
mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi diluar sektor negara, yang
dikenal dengan …
a.
Sistem etatisme
b.
Sistem monopoli
c.
Sistem oligopoli
d.
Sistem markantilisme
e.
Sistem Free fight liberalism
45. Suatu usaha yang bersifat
mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui
tindak kriminal dan politis, dinamakan …
a.
Ancaman
b.
Tantangan
c.
Hambatan
d.
Gangguan
e.
Dorongan
46. Pasal 30 Ayat (1) dan (2) UUD
NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta
dalam usaha pertahanan dan keamanan negara yang dilaksanakan melalui sistem
pertahanan dan keamanan rakyat semesta, dengan komponen utama, yaitu …
a.
Masyarakat
b.
TNI dan Polri/MA/SMK/MAK
c.
Tentara Nasional Indonesia
d.
Kepolisian Republik Indonesia
e.
Pertahanan Sipil
47. Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Ayat 2, menyebutkan
bahwa keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan
melalui beberapa program, kecuali …
a.
pendidikan Kewarganegaraan
b.
pelatihan dasar kemiliteran
c.
pengabdian sesuai dengan profesi
d.
Sistem pertahananan dan keamanan rakyat semesta
e.
pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib
48. Pada hakikatnya kebhinekaan
yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan.
Dikatakan sebagai sebuah potensi, karena …
a.
mudah tumbuhnya perasaan kedaerahan yang amat sempit
b.
membuat penduduk Indonesia berbeda pendapat yang lepas kendali,
c.
dapat menjadi ledakan yang akan mengancam integrasi nasional
d.
dapat menjadi ledakan yang akan mengancam persatuan dan kesatuan
bangsa.
e.
memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan alam maupun kekayaan
budaya
49. Posisi negara Indonesia
dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudera, jika
ditinjau dari aspek kebudayaan dunia adalah …
a.
terletak antara idiologi komunisme di utara dan liberalisme di
selatan
b.
berada di antara kebuadayaan timur di utara dan kebudayaan barat
di selatan
c.
berada di antara daerah berpenduduk padat di utara dan daerah
berpenduduk jarang di selatan.
d.
berada di antara sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem
ekonomi kapitalis di selatan
e.
berada di antara demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian
utara) dan demokrasi liberal di selatan
50. Posisi negara Indonesia
dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudera, jika
ditinjau dari aspek demokrasi, demokrasi Pancasila berada di antara …
a.
kebudayaan timur di utara dan kebudayaan barat di selatan
b.
sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem ekonomi kapitalis di
selatan
c.
daerah berpenduduk padat di utara dan daerah berpenduduk jarang di
selatan.
d.
demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan
demokrasi liberal di selatan
e.
sistem pertahanan kontinental di utara dan sistem pertahanan
maritim di barat, selatan dan timur
51. Pemberontakan bersenjata
melawan pemerintah Indonesia yang sah merupakan bentuk ancaman militer yang
dapat merongrong …
a.
kewibawaan negara
b.
kerukunan antar umat beragama
c.
keselamatan masyarakat pedesaan
d.
keselamatan masyarakat perkotaan
e.
kehormatan pemimpin partai politik
52. Di bawah ini adalah tempat yang
harus dilindungi dari aksi sabotase, yaitu …
a.
objek-objek vital nasional dan instalasi strategis
b.
daerah yang menjadi pusat hiburan masyarakat
c.
daerah wisata pantai ancol dan pantai laut selatan
d.
objek-objek wisata pegunungan dan agro industri
e.
objek-objek hiburan nasional yang menjadi ikon daerah
53. Di bawah ini merupakan gangguan
keamanan laut yang mengganggu mengancam aspek ekonomi nasional, yaitu …
a.
Terorisme
b.
Illegal loging
c.
Illegal fishing
d.
Global warming
e.
White coral crime
54. Ancaman yang berdimensi politik
yang bersumber dari dalam negeri dalam bentuk pola perjuangan tidak bersenjata
dan sering ditempuh untuk menarik simpati masyarakat adalah …
a.
memobilisasi masyarakat untuk mendatangi kantor pemerintahan
b.
menggalang kekuatan politik untuk melemahkan kekuasaan pemerintah
c.
pengerahan massa untuk menolak hasil pilkada yang dianggap tidak
netral
d.
menolak salah satu pasangan calon pemenang pemilu yang ditetapkan
KPU
e.
menggalang dukungan masyarakat untuk mendukung salah satu pasangan
calon
55. Di bawah ini merupakan pengaruh
negatif globalisasi sosial budaya yang dapat menjadi ancaman kedaulatan
Indonesia khususnya dalam bidang sosial budaya, yaitu …
a.
Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang dari luar .
b.
sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin
berkurang
c.
cepat atau lambat perekonomian negara kita akan dikuasai oleh
pihak asing
d.
memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, dan kesetiakawanan
social
e.
timbulnya kesenjangan sosial yang tajam sebagai akibat persaingan
bebas
56. Ancaman dari luar timbul
sebagai akibat dari pengaruh negatif globalisasi, di antaranya yaitu gaya hidup
di mana kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidu tertinggi dan
membuat manusia suka memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya
meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat dinamakan …
a.
liberalisme
b.
hedonisme
c.
westernisasi
d.
konsumerisme
e.
indivudualisme
57. Dampak negatif globalisasi di
bidang sosial budaya dalam bentuk meniru model pakain yang biasa dipakai orang-orang
barat yang sebenarnya bertentangan dengan nilai dan norma-norma yang berlaku
misalnya memakai rok mini, lelaki memakai anting-anting…
a.
liberalisme
b.
hedonisme
c.
westernisasi
d.
konsumerisme
e.
indivudualisme
58. Dalam sistem pertahanan dan
keamanan negara yang bersifat semesta bercirikan kerakyatan adalah …
a.
seluruh sumber daya nasional didayagunakan bagi upaya pertahanan.
b.
seluruh sumber daya manusia dan alam didayagunakan bagi upaya
pertahanan.
c.
orientasi pertahanan dan kemanan negara diabdikan oleh dan untuk
kepentingan seluruh rakyat
d.
kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar sesuai dengan
kondisi geografis sebagai negara kepulauan.
e.
kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar di seluruh
wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
59. Sistem pertahanan dan keamanan
negara di mana gelar kekuatan pertahanan
dilaksanakan secara menyebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia, sesuai dengan kondisi geografis sebagai negara kepulauan adalah ciri
dari …
a.
Kerakyatan
b.
Kesemestaan
c.
Kewilayahan
d.
Sishankamrata
e.
Alutsista Negara
60. Berikut adalah yang bukan
merupakan strategi dalam mengatasi ancaman di bidang politik adalah …
a.
Mengembangkan demokrasi politik.
b.
Mengaktifkan masyarakat sipil dalam arena politik.
c.
Mengadakan reformasi lembaga-lembaga politik
d.
Meningkatkan daya beli masyarakat melalui program Jaringan
Pengaman Sosial
e.
Memperkuat kepercayaan rakyat dengan cara menegakkan pemerintahan
yang bersih dan berwibawa
61. Sistem ekonomi kerakyatan
merupakan senjata ampuh untuk melumpuhkan ancaman di bidang ekonomi dan
memperkuat kemandirian bangsal. Untuk mewujudkan hal tersebut dapat dilakukan
dengan …
a.
Mengembangkan demokrasi politik.
b.
Mengaktifkan masyarakat sipil dalam arena politik.
c.
Mengadakan reformasi lembaga-lembaga politik
d.
perekonomian yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat
e.
Memperkuat kepercayaan rakyat dengan cara menegakkan pemerintahan
yang bersih dan berwibawa.
62. Pancasila dapat dijadikan
sarana dalam menghadapi pengaruh dari luar yang dapat membahayakan kelangsungan
hidup sosial budaya, bangsa Indonesia, dalam bentuk …
a.
Wahana pengintegrasian seluruh unsur kebudayaan nasional dan
kebudayaan yang berasal dari luar
b.
Filter terhadap budaya negatif yang akan masuk dan menyesuaikannya
dengan sendi-sendi budaya nasional
c.
Sarana untuk memadukan dan menyatukan seluruh unsur budaya luar
yang masuk yang menguntungkan negara
d.
Penyaring tehadap budaya-budaya yang menguntungkan secara ekonomi
dan berdampak pada ekonomi rakyat
e.
Pemersatu budaya luar yang masuk dengan budaya nasional yang
bersifat dinamis dan memperkaya kebudayaan nasional
63. Secara etimologi bahasa kalimat
Bhineka Tunggal Ika berasal dari....
a.
Melayu
b.
Maluku
c.
Madura
d.
Jawa kuno
e.
Jawa moderen
64. Segala macam keaneka ragaman yang ada jika
terjadi masalah, bukan untuk dibesar-besarkan, tetapi haruslah dicari satu titik
temu yang dapat membuat segala macam kepentingan menjadi satu
a.
Common
Denominator
b.
Tidak
bersifat Ekteren dan Enklusif
c.
Tidak
bersifat formalistis
d.
Bersifat
Konvergen
e.
Bersifat
heterogen
65. Usaha yang bersifat mengubah atau merombak
kebijaksanaan yang secara konsepsional melalui tidak kriminal dan politis
adalah ...
a. Ancaman
b. Tantangan
c. Hambatan
d. Gangguan
e. Merombak
66. Faktor penghambat dari intergrasi nasional
adalah .....
a. Adanya kepribadian dan pandangan hidup
kebangsaan yang sama, yaitu pancasila
b. Adanya semangat persatuan dan kesatuan
dalam bangsa, bahasa, dan tanah air indonesia
c. Adanya ketidakpuasan terhadap ketimpangan
dan ketidakmeratan hasil-hasil pembangun
d. Adanya rasa senasib sepenanggungan akibat
penderitaan penjajahan
e. Adanya jiwa dan semangat gotong royong,solidaritas
dan toleransi keagamaan yang kuat
67. Proses penyusuaian di antara unsur-unsur
kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai
suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat ....
a. Politis
b. Antropologis
c. Etimologis
d. Demokratis
e. Formalistis
68. Fungsi wawasan
nusantara adalah ...
a.
Pedoman, motivasi,
dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan, keputusan,
tindakan dan perbuatan bagi
penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah bagi seluruh rakyat indonesia
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
b. Mewujudkan
nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat indonesia yang lebog mengutamkan
kepentingan nasional dari kepentingan individu, kelompok, golongan, suku bangsa
dan daerah
c. Mewujudkan bangsa
indonesia yang maju dan sejahtera bedasarkan pancasila dan UUD Negara RI tahun
1945
d. Pedoman dalam
mewujudkan tujuan nasional sebagaimana terdapat dalam pembukaan UUD Negara RI
tahun 1945
e. Pedoman untuk
mengadakan hubungan antarabangsa berlandaskan persamaan kedudukan sebagai
bangsa yang merdeka dan berdaulat
69. Asas wawasan
nusantara yang menyatakan bahwa adanya kesesuaian pembagian hasil dengan adil
jerih payah dan kegiatan baik perorangan, golongan, kelompok maupun daerah
adalah ...
a.
Keadilan
b. Kejujuran
c. Solidaritas
d. Kerja sama
e. Kesetiaan
70. Implementasi wawasan
nusantara dalam kehidupan pertahanan
keamanan akan menciptakan ..
a.
Iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis
b.
Tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan
peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata
c.
Sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan
menghormati segala bentuk perbedaan dan kebhinekaan sebagai kenyataan hidup
atas karunia sang Pencipta
d.
Kesadaran cinta tanah
air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada
setiapwarga negara Indonesia
e. Menciptakan kehidupan
masyarakat dan bangsa yang rukun dengan membeda-bedakan suku, agama, atau
keperrcayaan dan golongan berdasarkan ststus sosial
Baiyak ee bnyak iii
ReplyDeleteIzin copy bang
ReplyDeleteWow
ReplyDelete
ReplyDeleteThanks bang
kunci jawaban nya mana bg
ReplyDeletekok sebagian kosong
kok sebagiannya kosong kak?? tapi gpp sih yang penting aku dapat belajar thx bang
ReplyDeleteTy bg
ReplyDeletethanks kak
ReplyDeleteno 1 c bang,jawabannya ,saya baca di buku
ReplyDeleteIya bnr 1 yg c
ReplyDeletemaaf min bukannya nomor 1 bagian D itu pengertian dari hambatan, jawaban yg bennernya tuh C
ReplyDeleteterimakasih...izin copas kak
ReplyDeleteMana jawabannya dah
ReplyDeleteMakasih
ReplyDeleteMana jawabannya
ReplyDeleteJawabnnya mana ya:)
ReplyDelete